XL Prediksi trafik data naik 20 persen saat tahun baru

XL Prediksi trafik data naik 20 persen saat tahun baru

Techno.id - Dilansir oleh Antara (29/12/15), Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) wilayah timur memprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan data internet pada Tahun Baru 2016 sebesar 20 persen dari trafik Natal sebesar 151,19 GB per hari menjadi 181,43 GB.

Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi, Selasa, mengatakan pada perayaan Tahun Baru 2016 kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, pesan singkat dan telepon, dibandingkan dengan trafik pada saat Natal dan hari normal.

"Prediksi kita untuk layanan data diperkirakan naik sekitar 15 sampai 20 persen, telepon naik sekitar 5 persen, dan trafik pesan singkat diprediksi naik sebesar 10 persen dibanding Natal," kata Desy dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan untuk trafik data pada perayaan Natal naik 11 persen yakni dari sebelumnya 136.24 GB per hari menjadi 151.19 GB, telepon turun 5 persen dari 31.927.517 menit per hari menjadi 30.216.866 menit dan pesan singkat turun 2 persen dari 32.324.370 sms per hari menjadi 31.573.442 pesan.

Maka dari itu XL sudah menyiapkan antisipasi, Desy mengaku telah menyiapkan jaringannya supaya tetap prima mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.

"Jaringan kami siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, kami tetap memastikan aspek di jaringan yang benar-benar siap," katanya.

Ia mengatakan, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data daripada menelepon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan menelepon atau kirim pesan. Karena itu, Desy memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik dengan melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas dan melakukan optimalisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan.

"Optimalisasi jaringan dan penambahan BTS dilakukan terutama di area yang menjadi pusat keramaian selama libur Natal dan Tahun Baru. Di Surabaya, dilakukan optimalisasi antara lain di Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, serta Monumen Kapal Selam," katanya.

(brl/red)