Ini beda spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

Ini beda spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

Techno.id - Apple memiliki jajaran produk smartphone kelas premium dengan nama iPhone. Ponsel pintar tersebut dapat dikatakan menjadi favorit para pecinta gadget di semua kalangan. Hal tersebut disebabkan karena iPhone memiliki kapasitas perangkat mumpuni. Mulai dari body, layar, dapur pacu hingga kamera, dibekali dengan komponen terbaik di kelasnya.

Terbaru Apple telah berhasil mengeluarkan produk iPhone 14 Series. Ponsel kelas flagship tersebut menjadi perangkat tertinggi yang dimiliki oleh Apple. Smartphone tersebut memiliki segudang fitur-fitur menarik. Bahkan Apple juga memberikan sistem OS terbaru iOS 16.

Seri iPhone 14 Pro Max menjadi paling tinggi daripada seri 14 lainnya. Namun sebelumnya Apple memiliki iPhone 13 Pro Max yang menjadi seri tertinggi. Lalu apa saja perbedaan dari kedua perangkat tersebut.

Kali ini techno.id pada Jumat(7/10), akan memberikan perbedaan dari iPhone 14 Pro Max dan iPhone 13 Pro max yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Panel display.

Ini beda spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

foto: apple.com

Apple memberikan panel display type Super Retina XDR OLED, HDR10, Dolby Vision, dan refresh rate 120Hz berukuran 6,7 inci untuk kedua ponsel tersebut. Namun perbedaan mendasar ada pada bagian fitur yang dimiliki. iPhone 14 dibekali fitur Always On Display, dengan grafis 2796 x 1290 piksel dan tingkat kecerahan mencapai 2.000 nits. Sedangkan iPhone 13 Pro Max hanya memiliki grafis 2778 x 1284 piksel dan tingkat kecerahan hingga 1.200nits.

Masih pada bagian layar, iPhone 14 Pro Max mempunyai punch-hole layar dengan nama Dynamic Island. Tanda hitam di layar tersebut dipakai untuk memberikan notifikasi dan beberapa fungsi lainnya. Sedangkan pada iPhone 13 Pro Max masih menggunakan layar poni untuk kamera selfie.

2. Dapur pacu.

Ini beda spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

foto: apple.com

Perbedaan mendasar yang cukup terlihat ada pada bagian dapur pacu. Apple memberikan teknologi chip terbaru A16 Bionic dengan fabrikasi 4 nm. Chip tersebut dikombinasikan dengan CPU Hexa-core Dual-Core 3,46 GHz Avalanche + Quad-Core Blizzard dan Penta-Core. Sedangkan untuk iPhone 13 Pro Max menggunakan chipset tipe A15 Bionic dengan fabrikasi 5 nm. Tentu melihat dari kapasitas SoC seri iPhone 14 Pro Max lebih unggul, karena terdapat peningkatan performa dan efisiensi. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, Apple menawarkan opsi RAM dan memori internal yang sama.

3. Kamera.

Ini beda spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

foto: apple.com

Selanjutnya terdapat perbedaan pada bagian kamera. Apple memberikan lensa resolusi 48 MP pada iPhone 14 Pro Max. Berbeda dengan seri sebelumnya, iPhone 13 Pro Max hanya dibekali lensa utama 12 MP. Terlihat Apple memberikan peningkatan pada sektor kamera. Lebih lanjut, konfigurasi kamera selanjutnya masih sama. Baik seri iPhone 14 Pro Max dan seri 13 Pro Max masih menggunakan 12MP kamera telephoto, 12MP kamera ultrawide, dan ditenagai juga dengan fitur 3D LiDAR scanner. Kamera tersebut dapat menghasilkan kualitas rekaman video hingga 4K.

4. Baterai.

Ternyata kapasitas baterai dari kedua perangkat tersebut berbeda. Walaupun Apple tidak memberikan informasi secara mendetail, namun banyak yang mengatakan bahwa iPhone 14 Pro Max mempunyai kapasitas baterai lebih besar. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan daya tahan baterai. Tercatat iPhone 14 Pro Max dapat bertahan 29 jam untuk memutar video dan 95 jam untuk memutar lagu. Sedangkan pada iPhone 13 dapat memperoleh tingkat ketahanan 8 jam untuk memutar video dan 95 jam untuk memutar lagu.

5. Harga.

Ini beda spesifikasi iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

foto: apple.com

Apple membanderol kedua smartphone tersebut dengan harga yang berbeda. Adapun untuk iPhone 13 Pro Max pada tahun 2021 dihargai sebesar Rp 15.655.000. Sedangkan untuk iPhone 14 Pro Max saat ini dibanderol dengan harga Rp 16.430.000


(brl/guf)