Cara mudah sawer kreator YouTube dengan Super Chat dan Super Sticker

Cara mudah sawer kreator YouTube dengan Super Chat dan Super Sticker

Techno.id - YouTube merupakan platform yang cukup populer untuk menonton berbagai tayangan video maupun berkerasi. Bahkan saat ini YouTube digunakan banyak publik figur sebagai media sosial utama mereka. Platform tersebut juga mempunyai fitur live streaming yang tentu membuat pengguna bisa lebih dekat dengan para kreator YouTube favoritnya.

Kali ini YouTube telah resmi membawa fitur terbarunya yaitu Super Chat dan Super Sticker untuk pengguna di Tanah Air. Fitur tersebut sudah bisa digunakan pada Live Streaming para kreator konten. Dengan fitur itulah para pengikut kreator konten bisa berinteraksi lebih dekat, dan tentunya dapat mendukung finansial dari chanel favoritnya.

Secara lebih gamblang para kreator konten YouTube bisa mendapatkan pundi-pundi cuan dengan fitur Super Chat maupun Super Sticker ini. Fitur baru tersebut memungkinkan penonton bisa mengirimkan chat atau stiker unik dan bisa disematkan selama lima jam. Namun penikmat tayangan live streaming perlu membayar biaya langganan terlebih dahulu.

Fitur Super Chat dan Super Sticker sudah bisa diaktifkan oleh pengelola channel YouTube. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Kemudian bagaimana cara subscriber menggunakannya? Kali ini techno.id akan memberikan cara mudah sawer kreator YouTube dengan Super Chat dan Super Sticker yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (19/8).

Bagi para kreator konten YouTube, kamu bisa mengaktifkan fitur Super Chat dan Super Konten melalui langkah berikut ini:

1. Silakan login ke studio.youtube.com
2. Kemudian klik opsi Monetisasi yang ada di menu sebelah kiri layar
3. Pada menu di bagian atas dashboard utama, silakan klik Supers, kemudian mulai dan ikuti petunjuk di layar
4. Setelah mengikuti semua petunjuk akan ada dua opsi pilihan yaitu:
"Status Super Chat aktif" di sebelah tombol berwarna biru
"Status Super Stickers aktif" di sebelah tombol berwarna biru.
5. Silakan aktifkan fitur tersebut. Kemudian secara otomatis pemilik akun mendapati fitur tersebut sudah bisa digunakan.

Melalui fitur Super Chat dan Super Stickers, kreator bisa mendapatkan tip atau saweran. Para penonton bisa mendapatkan Super Chat dan Super Stickers dengan membelinya mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 5 Juta. Fitur tersebut mempunyai ketentuan semakin besar saweran maka komentar yang maupun stiker akan semakin lama tersemat. Dengan begitu pengguna bisa berinteraksi secara lebih intens dengan kreator YouTube.

Kemudian untuk melakukan pembelian Super Chat maupun Super Stickers bisa melalui cara berikut ini:

Cara mudah sawer kreator YouTube dengan Super Chat dan Super Sticker

foto: Dok.YouTube

Super Chat

1. Silakan klik ikon dolar yang ada di dalam kolom live chat
2. Kemudian pilih salah satu dari opsi Super Chat atau Super Stickers
3. Untuk membeli Super Chat, pilih jumlah tip yang ingin diberikan dengan menggeser slider atau masukkan nilai yang diinginkan
4. Setelah itu tambahkan pesan opsional yang ingin dikirimkan ke kreator
5. Warna dan durasi pesan yang disematkan di bagian atas chat akan berubah tergantung jumlah pembelian pengguna

Super Stickers

1. Silakan pilih paket stiker yang kamu suka lalu pilih salah satu stiker untuk dibeli
2. Kamu bisa memasukkan pesan di Super Chat dan memilih stiker di Super Sticker
3. Kemudian klik Beli dan kirim
4. Untuk transaksi pembelian, silakan ikuti petunjuk selanjutnya di layar
5. Pembayaran untuk Super Chat dan Super Stickers bisa dilakukan menggunakan kartu debit/kredit, saldo Google Play, GoPay, ShopeePay, Dana, atau pulsa.

Itulah berapa cara untuk mendapatkan Super Stickers dan Super Chat beserta cara mengaktifkannya. Namun perlu diingat, setelah membeli ticker hitung mundur akan menunjukan berapa lama chat maupun stiker disematkan pada bagian atas chat. Fitur tersebut juga tidak bisa ditransfer antar video. Kemudian pembelian di bawah US$ tidak bisa ditampilkan pada ticker hitung mundur. Selamat mencoba!


(brl/guf)