Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP dengan aman, mudah dan legal

Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP dengan aman, mudah dan legal

Techno.id - Interaksi merupakan salah satu kegiatan yang tentu dilakukan hampir setiap hari. Melibatkan dua orang atau lebih, interaksi bisa berjalan dengan lancar berkat topik obrolan yang dibahas. Kini interaksi tak perlu dilakukan secara langsung alias bertatap muka, di tahun 2022 kamu perlu memakai ponsel pintar agar tetap terhubung dengan banyak orang tanpa harus bertemu langsung.

Membahas aplikasi untuk berinteraksi, tentu tidak jauh kaitannya dengan WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Aplikasi multiguna bikinan Mark Zuckerberg ini memudahkan setiap keperluan yang berkaitan dengan interaksi. Mulai dari mengirim pesan, melakukan panggilan suara, hingga melakukan video call bisa dilakukan dengan mudah berkat bantuan WA.

Bahkan sudah bukan hal aneh jika setiap orang memiliki dua akun WA dalam satu HP. Menggunakan 2 WA dalam 1 HP tentu memerlukan beberapa penyesuaian. Ada beberapa cara yang perlu dipersiapkan agar bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar. Perlu diingat bahwa menggunakan 2 WA dalam 1 HP tentunya memerlukan dua nomor yang berbeda. Untuk membahas lebih detail mengenai cara tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (26/9) cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP dengan aman.

Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP

Untuk menggunakan 2 WA dalam 1 HP, setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu coba. Setiap cara yang ada memiliki beberapa perbedaan. Namun ketiga cara ini tentu aman untuk dilakukan. Kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP menggunakan fitur Dual Messenger

Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP dengan aman, mudah dan legal

foto: freepik.com

Setiap developer HP tentu sudah menyediakan fitur Dual Messenger. Fungsi utama dari Dual Messenger sendiri bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi khusus media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya. Perlu diingat, Dual Messenger hanya bisa digunakan untuk aplikasi sosial media saja. Aplikasi diluar itu masih belum bisa digandakan. Untuk mulai menggunakan fitur Dual Messenger, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Masuk ke pengaturan pada HP yang kamu pakai.
2. Pilih menu Fitur lanjutan.
3. Scroll ke bawah dan pilih Dual Messenger.
4. Akan ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gandakan kemudian pilih WhatsApp.
5. Kamu akan diminta untuk menginstal WhatsApp satu lagi pada HP yang kamu pakai.
6. Ikuti prosesnya hingga selesai, maka kamu sudah bisa menggunakan dua WhatsApp dalam satu HP.

2. Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP menggunakan aplikasi pengganda

Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP dengan aman, mudah dan legal

foto: pexels.com

Cara ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggandakan WhatsApp pada HP yang dimiliki. Tidak hanya bisa digunakan untuk menggandakan WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengganda untuk menggandakan aplikasi lain. Salah satu aplikasi pengganda yang bisa kamu gunakan adalah Parallel Space. Tidak hanya bisa digunakan pada Android, Parallel Space juga bisa dioperasikan dengan lancar melalui iPhone. Untuk mulai menggunakan Parallel Space, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Download dan instal Parallel Space pada HP yang kamu gunakan.
2. Jika sudah berhasil melakukan download dan instal, kamu bisa buka aplikasi tersebut.
3. Secara otomatis Parallel Space akan menampilkan daftar aplikasi yang ada pada HP kamu.
4. Pilih WhatsApp kemudian klik tambahkan ke Parallel Space.
5. Tunggu hingga proses penggandaan selesai.
6. Jika sudah kamu bisa menggunakan dua WhatsApp pada satu HP.

3. Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP menggunakan WhatsApp Business

Cara mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP dengan aman, mudah dan legal

foto: pexels.com

Cara terakhir tentu sudah tidak asing bagi kamu. Selain menyediakan aplikasi versi reguler, WhatsApp juga menghadirkan aplikasi serupa yang dikhususkan untuk kegiatan bisnis. Seperti namanya, WhatsApp Business memiliki tujuan penggunaan untuk memudahkan pelaku bisnis. Namun bukan berarti hanya pelaku bisnis saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Kamu bisa menggunakan WhatsApp Business untuk memiliki dua akun WhatsApp. Untuk mulai menggunakan WhatsApp Business, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Download dan instal WhatsApp Business pada HP yang kamu pakai.
2. Jika sudah, masuk ke aplikasi WhatsApp Business kemudian masukkan nomor yang ingin kamu pakai.
3. Perlu diingat, nomor pada WhatsApp Business tidak bisa sama dengan WhatsApp reguler. Jadi kamu perlu menyiapkan nomor satu lagi untuk bisa menjalankan WhatsApp Business.
4. Jika proses pendaftaran nomor sudah berhasil, kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan komunikasi.

WhatsApp Business juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan, melakukan panggilan, hingga melakukan video call pada akun WhatsApp reguler. Namun ada beberapa fitur serta tampilan yang berbeda antara WhatsApp Business dan WhatsApp reguler.


(brl/guf)