Cara instal Play Store yang hilang di Android, bisa dari HP & komputer

Cara instal Play Store yang hilang di Android, bisa dari HP & komputer

Techno.id - Android merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh barang elektronik seperti smartphone dan tablet. Dengan adanya Android, berbagai aplikasi lain bisa dijalankan dengan mudah tanpa ada gangguan. Selain itu, pada sistem operasi Android juga terdapat satu aplikasi inti yang memudahkan setiap pengguna untuk mendownload aplikasi lain.

Tentu kamu sudah tidak asing dengan Google Play Store. Aplikasi besutan Google ini umumnya sudah terpasang pada setiap perangkat Android. Namun pada beberapa kasus, Play Store ini sering kali hilang secara otomatis. Sebab Play Store hilang sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari perangkat yang sudah tidak kompatible, sistem yang sudah jadul, hingga penyebab lainnya.

Namun layaknya masalah lain, Play Store hilang dari sistem Android tentu bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berkaitan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (19/8), berikut Cara instal Play Store yang hilang di Android.

Cara instal Play Store yang hilang di Android

Untuk mulai menginstal Play Store pada perangkat dengan sistem operasi Android sendiri kamu bisa menggunakan setidaknya 2 cara. Setiap cara yang ada tentu memiliki alur yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan cara mana yang dianggap paling mudah. Untuk menjelaskan cara download Play Store secara lengkap, kamu bisa ikuti 2 cara berikut.

1. Download Play Store melalui perangkat Android

Cara instal Play Store yang hilang di Android, bisa dari HP & komputer

foto: pixabay.com

Cara yang pertama, kamu bisa menggunakan perangkat Android yang dimiliki tanpa menggunakan perantara. Cara ini sebenarnya terbilang cukup mudah mengingat tidak banyak piranti yang diperlukan. Untuk mulai menginstal Play Store menggunakan Android, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Masuk ke menu Setting, kemudian pilih Security.
2. Cari fitur Unknown Sources kemudian aktifkan.
3. Setelah berhasil mengaktifkan Unknown Sources, masuk ke aplikasi browser yang biasa kamu gunakan.
4. Pada kolom pencarian ketikkan APK Mirror.
5. Setelah mengunjungi APK Mirror, kamu bisa mengetikkan Play Store pada kolom pencarian.
6. Klik download untuk mulai mengunduh Play Store dan tunggu hingga prosesnya selesai.
7. Setelah proses download selesai, kamu bisa langsung menginstal Play Store yang ada dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Download Play Store melalui PC atau laptop

Cara instal Play Store yang hilang di Android, bisa dari HP & komputer

foto: pixabay.com

Selain menggunakan Android secara langsung, kamu juga bisa mencoba cara lain melalui PC atau laptop. Cara ini memang membutuhkan lebih banyak perangkat, namun pada dasarnya cara kedua juga sama efisiennya dengan yang pertama. Untuk mulai mendownload Play Store melalui PC atau laptop, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Buka browser yang biasa kamu gunakan di laptop.
2. Masuk ke kolom pencarian dan ketikkan APK Mirror kemudian kunjungi website resminya.
3. Setelah mengunjungi website resmi APK Mirror, cari Play Store pada kolom pencarian kemudian klik download dan tunggu hingga prosesnya selesai.
4. Setelah proses download selesai, kamu bisa mulai mentransfer file tersebut ke perangkat Android.
5. Jika file hasil download sudah berada di Perangkat Android yang dimiliki, kamu bisa mulai menginstal Play Store tersebut.
6. Setelah proses instal Play Store selesai, kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini dengan normal.

Perlu diingat bahwa aplikasi tersebut berasal dari sumber lain. Kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian ulang seperti update secara berkala dan pemeriksaan akun agar Play Store yang telah diinstal bisa tetap berjalan dengan lancar. Untuk mengupdate Play Store yang kamu gunakan, ikuti langkah berikut.

1. Buka aplikasi Play Store.
2. Masuk ke bagian profil pada sisi kanan atas.
3. Selanjutnya masuk ke menu Settings.
4. Pilih About dan cari Play Store version.
5. Jika tersedia pembaruan, segera klik untuk mendapatkan versi paling baru dari Play Store yang kamu miliki.


(brl/guf)