Xiaomi MIUI 14 Changelog bocor, ini fitur dan smartphone yang kebagian

Xiaomi MIUI 14 Changelog bocor, ini fitur dan smartphone yang kebagian

Techno.id - Xiaomi sebagai salah satu perusahaan perangkat elektronik yang dikabarkan akan segera meluncurkan MIUI 14. Kabar tersebut beredar setelah beberapa data perubahan atau changelog dari MIUI 14 bocor di media sosial. Dilansir dari Twitter/@kacskrz, tipster asal Polandia tersebut mengunggah sebuah postingan yang berisikan daftar perubahan pada MIUI 14.

Perubahan yang ada pada MIUI 14 bisa dibilang cukup major, beberapa ubahan seperti peningkatan fitur, memperbaiki sistem keamanan, pemutakhiran koneksi perangkat, Family Services, serta pembaruan pada Mi AI voice assistant dilakukan pada MIUI 14. Deretan ubahan yang ada tentu masih merupakan inti yang setiap poin di atas masih akan dijabarkan lagi.

Selain membawa banyak pembaruan fitur, MIUI 14 juga akan mulai disebarkan pada beberapa smartphon terbaru Xiaomi yang akan dilakukan secara berkala. Pemberian update MIUI 14 tentu bisa dirasakan pada perangkat Xiaomi yang telah melakukan update Android 13. Pasalnya, kedua versi paling anyar ini menjadi kombinasi yang cocok untuk digunakan pada perangkat yang akan kebagian update.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (2/12), daftar fitur dan smartphone yang kebagian update MIUI 14.

Daftar fitur MIUI 14

Xiaomi MIUI 14 Changelog bocor, ini fitur dan smartphone yang kebagian

foto: xiaomiui.net

Sesuai yang telah dijelaskan di atas, MIUI 14 akan membawa beberapa fitur menarik. Dilansir dari Twitter/@kacskrz changelog pada MIUI 14 akan membawa segenap pembaruan. Pembaruan tersebut meliputi penambahan fitur yang dalam unggahannya dilampirkan dalam sebuah gambar. Jika dibedah, beberapa ungguahan yang ada bisa dijelaskan sebagai berikut.

[Highlights]

1. MIUI menggunakan lebih sedikit memori sekarang dan tetap cepat dan responsif dalam waktu yang lebih lama.
2. Arsitektur sistem yang ditingkatkan secara komprehensif meningkatkan kinerja aplikasi pra-instal dan pihak ketiga sekaligus menghemat daya.
3. Perhatian terhadap detail mengubah personalisasi dan membawanya ke tingkat yang baru.
4. Lebih dari 30 adegan sekarang mendukung privasi end-to-end tanpa data yang disimpan di cloud dan semua tindakan dilakukan secara lokal di perangkat.
5. Mi Smart Hub mendapatkan perubahan yang signifikan, bekerja lebih cepat, dan mendukung lebih banyak perangkat.
6. Layanan keluarga memungkinkan berbagi semua hal penting dengan orang yang paling Anda sayangi.

[Basic experience]

1. Arsitektur sistem yang ditingkatkan secara komprehensif meningkatkan kinerja aplikasi pra-instal dan pihak ketiga sekaligus menghemat daya.
2. MIUI menggunakan lebih sedikit memori sekarang dan tetap cepat dan responsif dalam waktu yang lebih lama.
3. Pembingkaian yang stabil membuat game lebih mulus dari sebelumnya.

[Personalization]

1. Format widget baru memungkinkan lebih banyak kombinasi, menjadikan pengalaman Anda lebih nyaman.
2. Perhatian terhadap detail mengubah personalisasi dan membawanya ke tingkat yang baru.
3. Ikon super akan memberikan tampilan baru pada layar Beranda Anda. (Perbarui layar Beranda dan Tema ke versi terbaru untuk dapat menggunakan ikon Super.)
4. Folder layar utama akan menyorot aplikasi yang paling Anda perlukan sehingga hanya berjarak satu ketukan dari Anda.

[Privacy protection]

1. Anda dapat menekan dan menahan teks pada gambar Galeri untuk langsung mengenalinya sekarang. 8 bahasa didukung.
2. Subtitel langsung menggunakan kemampuan ucapan-ke-teks di perangkat untuk mentranskripsikan rapat dan streaming langsung saat sedang berlangsung.
3. Lebih dari 30 adegan sekarang mendukung privasi end-to-end tanpa data yang disimpan di cloud dan semua tindakan dilakukan secara lokal di perangkat.

[Interconnectivity]

1. Mi Smart Hub mendapatkan perubahan yang signifikan, bekerja lebih cepat, dan mendukung lebih banyak perangkat.
2. Bandwidth yang dialokasikan untuk interkonektivitas membuat penemuan, koneksi, dan transfer item menjadi lebih cepat.
3. Anda dapat dengan mudah menyambungkan earphone ke ponsel, tablet, dan TV, serta beralih di antara perangkat ini dengan lancar.
4. Setiap kali input teks diperlukan di TV Anda, Anda bisa mendapatkan pop-up yang nyaman di ponsel Anda dan memasukkan teks di sana.
5. Panggilan telepon masuk dapat dengan mudah ditransfer ke tablet Anda.

[Family services]

1. Layanan keluarga memungkinkan berbagi semua hal penting dengan orang yang paling Anda sayangi.
2. Layanan keluarga memungkinkan pembuatan grup hingga 8 anggota dan menawarkan berbagai peran dengan izin berbeda.
3. Anda dapat berbagi album foto dengan grup keluarga sekarang. Semua orang di grup akan dapat melihat dan mengunggah item baru.
4. Tetapkan album bersama Anda sebagai screensaver di TV Anda dan biarkan semua anggota keluarga Anda menikmati kenangan indah ini bersama!
5. Layanan keluarga memungkinkan berbagi data kesehatan (mis. detak jantung, oksigen darah, dan tidur) dengan anggota keluarga.
6. Akun anak menawarkan serangkaian tindakan kontrol orang tua yang canggih, mulai dari membatasi waktu layar dan membatasi penggunaan aplikasi hingga menyetel area aman.

[Mi AI voice assistant]

1. Mi AI bukan lagi sekadar asisten suara. Anda dapat menggunakannya sebagai pemindai, penerjemah, asisten panggilan, dan lainnya.
2. Mi AI memungkinkan Anda melakukan tugas sehari-hari yang rumit dengan menggunakan perintah suara sederhana. Berkomunikasi dengan perangkat Anda tidak akan pernah semudah ini.
3. Dengan Mi AI, Anda dapat memindai dan mengenali apa saja baik itu tanaman asing atau dokumen penting.
4. Mi AI siap membantu kapanpun Anda menemui kendala bahasa. Alat terjemahan cerdas mendukung banyak bahasa.
5. Berurusan dengan panggilan sangat nyaman dengan Mi AI: itu dapat memfilter panggilan spam atau dengan mudah menangani panggilan untuk Anda.

[More features and improvements]

1. Pencarian di Pengaturan sekarang lebih maju. Dengan riwayat pencarian dan kategori dalam hasil, semuanya terlihat jauh lebih tajam sekarang.
2. Perangkat Anda dapat bekerja dengan lebih banyak jenis pembaca kartu nirkabel. Anda dapat membuka mobil yang didukung atau menggesek ID siswa dengan ponsel Anda sekarang.
3. Setiap kali Anda keluar dari akun, Anda dapat memilih untuk menyimpan semua kartu Anda di perangkat tanpa harus menambahkannya lagi di lain waktu.
4. Anda dapat meningkatkan kecepatan koneksi menggunakan data seluler saat sinyal Wi-Fi terlalu lemah.

Xiaomi MIUI 14 Changelog bocor, ini fitur dan smartphone yang kebagian

foto: xiaomiui.net

Selain memiliki banyak pembaruan atau changelog khususnya pada segi fitur, MIUI 14 juga akan mulai didistribusikan pada beberapa smartphone Xiaomi khususnya untuk keluaran terbaru. Pemberian update MIUI 14 ini tentu tidak akan serentak. Xiaomi memberikan update secara berkala sesuai jenis smartphone yang dimiliki. Untuk melirik daftar smartphone apa saja yang akan kebagian update, kamu bisa simak ulasan berikut.

Xiaomi 12S Ultra
Xiaomi 12S Pro
Xiaomi 12S
Xiaomi 12 Pro
Xiaomi 12
Xiaomi 12X
Xiaomi 11 Ultra
Xiaomi 11 Pro
Xiaomi 11
Xiaomi 11 Lite 5G
Xiaomi MIX 4
Xiaomi CIVI 1S
Xiaomi CIVI
Redmi K50 Ultra
Redmi K50 Pro
Redmi K50G
Redmi K50
Redmi K40 Pro+
Redmi K40 Pro
Redmi K40S
Redmi K40 Gaming
Redmi K40
Redmi Note 11T Pro+
Redmi Note 11T Pro
Redmi Note 11 Pro+
Redmi Note 11 Pro
Redmi Note 10 Pro
POCO X3 GT
POCO F3
POCO F4 GT
POCO F4


(brl/guf)