Corning rilis Gorilla Glass Victus 2, tahan benturan dengan beton

Corning rilis Gorilla Glass Victus 2, tahan benturan dengan beton

Techno.id - Coring merupakan produsen yang membuat pelindung panel layar gadget modern saat ini. Kemampuan perlindungan yang dikeluarkan oleh Corning tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebuah gadget bisa bertahan di kedalaman air untuk beberapa waktu akibat menggunakan pelindung dari Corning.

Gorilla Glass tipe Victus 2 menjadi produk baru yang akan diedarkan oleh Corning. Digadang-gadang Victus 2 dapat bertahan dari benturan di permukaan yang tidak rata. Ya, Corning menargetkan pelindung kaca anyarnya bisa tahan terhadap beton.

Pihak dari Corning menjelaskan bahawa lantai keramik ruma tidak menimbulkan risiko tinggi bagi smartphone modern. Akan tetapi lantai kasar yang ada di luar rumah atau luar ruangan mempunyai peluang lebih besar untuk merusak perangkat ponsel pintar. Sebagai contoh adalah aspal dapat membuat layar tergores apabila kacanya tidak cukup keras. Terlebih perangkat jatuh di permukaan beton, lebih keras dan kasar dari aspal.

Corning rilis Gorilla Glass Victus 2, tahan benturan dengan beton

foto: gsmarena.com

Lantas bagaimana kecanggihan pelindung dari Corning Gorilla Glass Victus 2? Pada kesempatan ini Jumat (2/12), techno.id akan memberikan kemampuan apa saja yang dimiliki pelindung Gorilla Glass Victus 2 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Screen guard Gorilla Glass Victus 2 telah diuji di laboratorium, menggunakan mesin untuk pengetesan. Para ilmuwan mencoba menguji dengan menjatuhkan dari ketinggian satu meter atau setara tinggi pinggul dan membentur permukaan beton.

Corning rilis Gorilla Glass Victus 2, tahan benturan dengan beton

foto: gsmarena.com

Pihak Corning cukup khawatir hal ini tidak berhasil karena ukuran dari smartphone saat ini lebih besar. Smartphone terbaru mempunyai tren ukuran diagonal lebih besar, dan tentu membuat perangkat lebih berat. Menurut Corning, rata-rata smartphone saat ini memiliki bobot lebih berat 10% hingga 15% daripada 4 tahun silam.

Bobot yang lebih berat dari smartphone tentu menimbulkan permasalahan tersendiri. Apabila perangkat lebih berat, berarti akan ada lebih banyak kekuatan ketika ponsel menyentuh permukaan, dan itu tentu memberikan masalah.

Lebih lanjut, terdapat masalah lain yaitu goresan. Memang tanpa pecah akibat benturan tidaklah cukup. Layar dari perangkat juga perlu bertahan terhadap goresan. Tidak pecah dan anti gores adalah problem terpisah. Meskipun penyebab layar tergores bisa dari benturan, tapi penyebab goresan bisa juga karena faktor lain yang bukan dari ponsel jatuh.

Corning rilis Gorilla Glass Victus 2, tahan benturan dengan beton

foto: gsmarena.com

Dengan Gorilla Glass Victus 2, Coring mengklaim telah menemukan keseimbangan sempurna antara kinerja kekuatan benturan ketika perangkat terjatuh dan tahan saat terkena goresan. Selain itu, Coring juga mengeluarkan versi untuk casing belakang. Karena smartphone saat ini banyak menggunakan material kaca, terutama di kelas premium.

Corning Gorilla Glass Victus 2 akan beredar beberapa bulan mendatang. Meskipun belum diketahui secara jelas smartphone apa yang akan dibekali pelindung layar ini, namun kemungkinan besar Samsung Galaxy S23 akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan teknologi anyar dari Corning GG Victus 2.


(brl/guf)